Catatan Gantyo

WRITENOW: SMKN 19 LATIHAN MENULIS DI INTERNET

1 47

WRITENOW (27 Agustus 2008): Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 19 atau SMKN 19 Jakarta hari Kamis (28 Agustus) untuk kali yang pertama menggelar acara latihan menulis di internet bekerja sama dengan konsultan SEO yang bermarkas di kawasan Bendungan Hilir Jakarta Pusat.

Para konsultan SEO di sini meminta saya untuk memberikan materi bagaimana menulis berita atau artikel yang disukai Google kepada para siswa SMKN 19. Permintaan itu saya penuhi, sebab selama ini banyak siswa yang belum memanfaatkan internet untuk kegiatan positif, apalagi produktif.

Tidak bisa dimungkiri, para siswa, terutama di kota-kota besar sudah akrab dengan internet. Banyak di antara mereka sepulang dari sekolah masuk ke warung telekomunikasi (warnet) untuk membuka internet. Tapi sayangnya, sebagian besar dari mereka menggunakan internet hanya untuk bermain game, download lagu-lagu favorit mereka atau chating yang isinya tidak membangun.

Di era teknologi informasi seperti sekarang, mempunyai kemampuan di bidang IT saja belumlah cukup. Keahlian itu harus diimbangi dengan kemampuan menulis. Oleh sebab itu pengetahuan jurnalistik yang output-nya adalah kemampuan menulis harus dimiliki oleh siapa pun, termasuk para siswa, tidak terkecuali siswa SMKN 19 yang berlokasi di kawasan Bendungan Hilir itu.

Selain berlatih menulis, para siswa SMKN 19 juga dibekali pengetahuan oleh para SEO dengan ilmu SEO dan bagaimana membuat blog. Tidak bisa tidak, anak-anak muda sekarang memang perlu dibiasakan untuk mengungkapkan kreativitas melalui tulisan dan dipublikasikan melalui internet. Siapa tahu dari media ini, ke depan mereka akan menjadi penulis-penulis andal dan turut memberikan sumbangsihnya bagi negeri tercinta Indonesia. ***

1 Comment
  1. maulana says

    wow..bagus banget ya untuk siswa smkn 19 yang belajar latihan menulis di internet…

Leave A Reply

Your email address will not be published.