Catatan Gantyo

Partai NasDem dan One Young World

2 54


HALO sobat muda. Jika kamu berusia 18-24 tahun, energik, berwawasan luas, peduli kepada lingkungan sosial, senang memimpin, gaul dan anti-galau, fasih berbahasa Inggris, syukur-syukur sih keren (nggak peduli kamu laki-laki atau perempuan) alias nggak cupu alay, ada baiknya kamu ikutan ajang One Young World 2013 yang bakal digelar di Afrika Selatan, Oktober mendatang.

One Young World (OYW) adalah sebuah organisasi nirlaba yang memberikan kesempatan kepada orang muda tapi berpikiran dewasa untuk bergabung dalam jaringan global dunia. OYW didirikan pada tahun 2010. Lembaga ini mirip PBB, tapi orang-orang yang dikirim dan mendaftar secara individual untuk “bersidang” di OYW adalah anak-anak muda seusia kamu. Ya, benar, seusia kamu yang berpotensi menjadi pemimpin di semua sektor kehidupan. Syukur-syukur sih punya bakat memimpin negeri tempat mereka berasal.

Saat anak-anak muda dari seluruh dunia itu bertemu dalam acara puncak tahunan OYW (populer dengan sebutan Konferensi Tingkat Tinggi-KTT), teman-temanmu yang hadir di sana mendapat kesempatan untuk berbicara tentang negaranya, visi dan misinya kelak kalau mereka menjadi pemimpin. Mereka nggak cuma ngomong doang, tapi juga memberi solusi. Setelah itu mereka menyusun konsep aksi, apa yang akan dilakukan setelah pulang ke negerinya masing-masing.

Di KTT OYW, teman-teman kamu berkesempatan berdialog dengan tokoh-tokoh dunia, seperti Presiden AS (waktu itu) Bill Clinton, Presiden AS (sekarang) Barack Obama, peraih Nobel Ekonomi Muhammad Yunus, penggiat sosial kemanusiaan dan pemusik Bob Geldof, dan masih banyak lagi. Pokoknya di forum itu, teman-teman kita banyak menimba pengetahuan dan pengalaman.

Yang menarik, meskipun mereka berasal dari negeri yang berbeda-beda latar belakang ideologi, agama, bahasa dan seabrek perbedaan lainnya, anak-anak muda yang hadir di forum itu punya perasaan senasib dan sepenanggungan, serta punya pergumulan yang sama, yaitu bagamana menyatukan dunia dalam semangat yang sangat universal, yaitu perdamaian dalam arti yang sesungguhnya.

Ana-anak muda yang berpidato di sana berkomitmen untuk menjadikan dunia yang serba kacau balau ini bersatu melawan kemiskinan, ketidakadilan, keterbelakangan, dan kerusakan lingkungan. Harap maklum, sebab generasi yang sekarang memimpin dunia ini, menurut Bob Geldof, adalah generasi yang gagal.

Lha, kalau sudah gagal, lalu apa yang bisa kita lakukan? Ya, ganti saja itu generasi yang gagal dengan generasi baru yang masih fresh. Kegagalan tidak mungkin akan terus diulang, diulang dan diulang. Siapa yang pantas mengganti mereka agar kegagalan tidak berulang? Ya, kamu-kamu.

Untuk kamu ketahui, KTT ala anak-anak muda dunia itu pertama kali berlangsung  pada tahun 2010 di London, Inggris (8 Oktober 2010). Puncak KTT kedua digelar di Zürich, Swiss tanggal 1-4 September 2011. OYW ketiga di Pittsburgh, USA (18-21 Oktober 2012). KTT tahun ini (2013) akan diselenggarakan di Johannesburg, Afrika Selatan. Seperti apa toh OYW, silakan lihat liputannya di sini.

Johannesburg adalah kota bersejarah negerinya Nelson Mandela. Gue pernah ke sana beberapa tahun lalu. Kotanya indah banget, udaranya sejuk. Tanah di kota ini mengandung banyak emas.
Kota Johannesburg, Afrika Selatan (Foto:Wikipedia)

Kamu Pengen ke Sana?

Kamu pengen ke sana dan ikut menghadiri pertemuan tingkat tinggi calon pemimpin dunia yang peduli dan berempati kepada isu-isu global, lalu dari sana kamu bakal menjadi pemimpin di negeri nan-elok, Indonesia? Nggak punya duit dan bingung mendaftar?

Jangan khawatir! Gue mau ngasih bocoran nih. Jika tidak ada aral melintang, Partai NasDem bakal nggelar acara yang diberi tajuk “Anak Muda Nasdem”, kita singkat AMN saja biar gue gampang nulisnya.

Stop! Jangan alergi dengan partai? Ngapain sih kita kontan gatel ketika mendengar partai? Jujur, gue juga nggak pernah ikutan politik, kok, apalagi jadi caleg. Tapi, sebagai warga negara yang baik, setiap kali pemilu, gue selalu menggunakan hak dan kewajiban untuk memilih. Bahwa partai yang gue pilih kemudian memenangi pemilu dan para kadernya yang duduk di DPR pada korupsi, itu bukan urusan gue, tapi urusan mereka dengan KPK, dan mereka pula yang harus mempertanggungjawabkan urusan akheratnya kepada Tuhan. Buat gue sih gampang, partai yang punya kader kayak gitu, nggak bakal gue pilih lagi dalam Pemilu 2014. Gitu aja, kok repot.

Kembali ke laptop. Partai NasDem adalah partai baru. Kepedulian partai ini kepada anak muda kayaknya serius banget. Buktinya, ya itu tadi, mereka menggelar acara AMN. Yang gue denger nih, dalam AMN, panitia akan memilih anak-anak muda yang kompeten dan berbakat menjadi pemimpin untuk kemudian dikirim ke OYW di Afrika Selatan. Pokoknya partai ini yang bakal memfasilitasi dan membiayai kamu selama kamu berada di sana, bahkan setelah kamu balik ke Indonesia. Dari sana, kamu bakal disiapkan jadi pemimpin.

Setelah itu, kamu juga akan  dijadikan wakil tetap partai ini – juga mewakili Indonesia – saat ada event-event berkelas nasional dan internasional. Harap maklum, sebab sesungguhnya kamu bakal dipandang oleh partai ini sebagai anak muda yang punya BRAIN alias berotak encer, BEAUTY (indah luar dalam), BEHAVIOUR (memiliki sikap alias nggak mencla mencle), dan PASSION (berkarakter dan berkomitmen tinggi dalam bidang tertentu). Kamu juga bakal dianggap (dan harus dibuktikan) bahwa sesungguhnya kamu adalah anak muda yang energik, aktif, dan (ini yang penting) nasionalis. Ujung-ujungnya, kamu dipercaya sebagai anak muda Indonesia yang memiliki keinginan kuat untuk melakukan PERUBAHAN dalam segala hal ke arah positif tentunya.

Model anak muda seperti di atas tentu anti terhadap narkoba dan sejenisnya. So, buat kamu-kamu yang suka ngegelek ganja, sabu-sabu dan sejenisnya, sorry deh, gue saranin jangan coba-coba ikutan. Daripada ngerepotin panitia AMN, lebih baik masuk saja ke panti rehabilitasi.

Diam-diam, panitia AMN sudah melakukan survei ke beberapa kota untuk mengetahui respons anak-anak muda, khususnya mahasiswa tentang rencana hajatan bergengsi tersebut. Nantinya, Partai NasDem akan menjaring anak-anak muda untuk ikutan dalam AMN di tujuh kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, dan Makasar.

Nah, buat kamu-kamu yang tinggal di tujuh kota tersebut, bersiap-siaplah. Total, partai ini bakal mencari 50 anak muda berprestasi yang diharapkan dan bisa  memimpin negeri ini. Ke-50 anak muda gaul inilah yang nantinya akan diutus atau diikutkan ke Afrika Selatan.

Ini Syaratnya

OYW mensyaratkan peserta berusia 18-30 tahun, namun Partai NasDem mematok syarat 18-24 tahun dengan latar belakang pendidikan SMA, anak kuliahan, atau yang baru lulus kuliah.

Kamu yang boleh ikutan AMN harus warga negara Indonesia dan belum menikah. Oleh sebab itu buat kamu yang sudah menikah meskipun usiamu masih 24 tahunan, ya lebih baik ngurusin saja bini/suami dan anak-anakmu. Laki-laki atau perempuan boleh ikut mendaftar. Gimana dengan gender yang nggak jelas alias bencis? Yang gue denger sih, panitia menolak. Kamu juga harus bebas narkoba dan minuman keras jika pengen ikut AMN dan terbang ke Afrika Selatan.

Syarat lainnya, kamu harus memiliki talenta atau bakat; sehat jasmani dan rohani, smart, percaya diri, berkepribadian, dan berwawasan luas. Nah, ini yang penting, kamu harus cinta banget kepada Indonesia, dan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Untuk membuktikan bahwa kamu adalah anak gaul dan nggak cupu alay, panitia AMN menyertakan syarat, kamu harus aktif di dunia sosial media. So, kamu harus punya akun, seperti Facebook, Twitter, blog, instagram, dan lain-lain.

Panitia AMN sekarang lagi mempersiapkan situs/web, dan nantinya pendaftaran dilakukan lewat web. Lalu, gimana jika jumlah peserta membludak? Ya, mau tidak mau, panitia akan menyeleksi dan ditest (audisi) mirip kontes Indonesia Idol atau kontes-kontes sejenis. Kamu akan diminta pidato dan ditanya tentang visi dan misimu dalam membangun negeri Indonesia.

Saat audisi, dewan juri akan minta bukti kepada kamu bahwa kamu adalah anak muda Indonesia yang memiliki wawasan nasionalisme kebangsaan, berkarakter, percaya diri, memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki idealisme, dan pastinya mampu berkomunikasi (menyampaikan gagasan) dengan baik.

Nah, mulai sekarang bersiap-siaplah menjadi 50 anak muda Indonesia yang siap mendunia, atau bahkan mengguncangkan dunia. Soekarno, presiden pertama RI pernah berkata: “Beri  aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.

Kali ini Partai NasDem bertekad: “Beri negeri ini 50 anak muda, niscaya mereka akan mengguncangkan negeri tercinta, Indonesia.” Siapa 50 anak muda itu? Siapa lagi kalau bukan kamu.***

2 Comments
  1. Unknown says

    Saya sangat tertarik untuk mendaftar. Bagaimana caranya ya?

  2. Unknown says

    Saya sangat tertarik untuk mendaftar. Bagaimana ya caranya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.