Catatan Gantyo

Belajar Mengedit dan Mengamati Media Online

0 56
HALO para mahasiswa peserta kuliah editing dan produksi media cetak. Selamat pagi. Semoga Anda tetap bersemangat belajar mata kuliah ini.

Pekan lalu kita sudah belajar bagaimana membuat judul berita dan mengedit kembali kalimat-kalimat salah.  Saya berharap Anda tidak bosan dengan latihan-latihan yang saya berikan.

Hari ini (Selasa 19 Mei) saya ajak lagi Anda berlatih mengedit kalimat berita dan membuat judul berita. Silakan Anda mendiskusikannya dalam kelompok Anda. Tapi, sebelum Anda membuat judul beritanya, saya minta Anda mengedit dulu naskah berita (leadnya) yang sengaja saya tulis tidak beraturan.

Bagaimana mengedit/menyunting berita agar komunikatif, Anda pasti sudah tahu, bukan?

Tentang bagaimana membuat judul yang komunikatif, saya juga sudah memberikan teori dan tipsnya. Perlu saya ingatkan, judul “diperas” dari lead atau teras berita. Panjang judul maksimal 7-9 kata. Judul yang singkat  tentu lebih baik.

Jika Anda menemui kesulitan membuat judul yang singkat, ada cara lain, yaitu Anda bisa menggunakan upperdeck (“anak” judul yang ditempatkan di atas judul utama) dan lowerdeck (“anak” judul di bawah judul  utama). 

Namun, baik upperdeck maupun lowerdeck harus berkorelasi dengan judul utama, bukan hasil penggalan dari judul utama.

Sudah cukup jelas? Baik kalau begitu. Sekarang silakan edit lead berita di bawah ini dan buat judulnya.

1. Direncanakan pada hari Rabu besok tanggal 20 mei 2015 ribuan masiswa yang tergabung dalam badn eksekutif mahsiswa perguruan tinggi sejakarta akan menggelar demonstrasi besar besaran dengan tujuan akhir menurunkan Jokowi sebagai presiden, demo akan dilangsungkan di bunderan hotel HI Jakarta Pusat.

2. Tidak hanya artis, banyak mahaiswa yang terlibat dalam prostitusi online dengan tarif Rp. 100 juta rupiah per tiga jam kencan. Ini dikatakan RA, tersangka kasus prostitusi online  saat dilakukan pemeriksaan terhadap dirinya oleh polisi di Polda Metro Jaya pada hari selasa pagi, RA adalah tersangka kasus prostitusi online yang melibatkan artis ainetron AA.

3. Seorang pengamat ekonomi Faisal Basri mengatakan pemerintah tidak jadi menaikkan harga pertamax karena jokowi selaku presiden RI mendapat tekanan dari justru orang dekatnya sendiri. Hal itu yang membuatnya takut menaikkan harga pertamax.

4. Jika tidak ada halangan pemerintah akan menaikkan harga BBM yang selama ini disubsidi dari Rp 7.600 menjadi Rp 9.000 setiap liternya pada hari rabu 20 mei jam 00.00. Hal ini dikatakan sendiri oleh presiden jokowi di istana negara pada selasa 19 Mei.

5. Belum lama ini telah ditemukan temuan bahawa ternyata daun singkong bisa dipakai untuk obat ampuh untuk menyembuhkan penderita kanker stadium 4. Hal itu dikatakan ahli gizi Sumarni kepada wartawan di Jakarta kemarin.

Silakan Anda berdiskusi. Ungkapkanlah kreativitas Anda dalam mengedit berita di atas dan kreatif dalam membuat  judul. Buatlah lead  dan judul  alternatif, jangan cuma satu.

Manajemen Media Online

Khusus buat  Anda mahasiswa peserta kuliah manajemen bidang media, sesuai dengan silabus, pekan ini dosen akan menjelaskan mengenai manajemen media online. Untuk Anda ketahui, media online kini berkembang sangat pesat, dan dampak pemberitaan media online juga sangat  besar.

Dalam lima tahun terakhir, sebagaimana diungkap Eko Maryadi, ketua umum AJI dalam pengantarnya pada buku MEDIA ONLINE: ANTARA PEMBACA, LABA, DAN ETIKA PROBLEMATIKA PRAKTIK JURNALISME ONLINE DI INDONESIA  yang ditulis J. Heru Margianto dan Asep Syaefullah, pengakses internet terus melonjak seiring dengan ketersediaan infrastruktur yang makin meluas, terjangkau, dan murah.  

Pada tahun 2011, menurut dia, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 55,23 juta, meningkat dari 42,16 juta orang di tahun 2010. Itu artinya, seperempat penduduk Indonesia sudah kenal internet. 

Data menunjukkan orang Indonesia termasuk teraktif berkomunikasi di internet: berada di urutan kedua dunia dalam facebook (40,5 juta akun) dan urutan ketiga “tercerewet” di twitter (12%). 

Berdasarkan survei Inside Facebook yang dilakukan eMarketer.Com, pernah pada suatu ketika, jumlah pengguna Facebook di Indonesia naik 1.431.160 akun dalam sebulan. Seiring dengan pertumbuhan pengguna internet yang demikian pesat, media online pun kembali tumbuh subur sejak 2008 setelah pernah kolaps pada 2002. 

Bisnis online menggeliat dan menunjukkan proyeksi yang menggembirakan. Belanja iklan meningkat dari tahun ke tahun. Tak sedikit yang memperkirakan belanja iklan internet akan melewati media cetak dalam beberapa tahun mendatang. 

Tapi, isu keunggulan ini tidak lantas membuat media massa internet menjadi yang paling sempurna. Eko Maryadi menulis, ada banyak hal yang masih perlu dievaluasi dalam bisnis media yang sarat teknologi ini. Masalah pokok dalam dunia jurnalisme media internet adalah kualitas dan kredibilitas informasi yang sampai ke masyarakat. 

Silakan Anda baca buku tersebut. Yang pasti, media online juga perlu dikelola dengan baik jika pengelolanya ingin eksis. Isi media online tetap harus mengedepankan empat hal pokok, yaitu: informasi, edukasi, kontrol sosial dan hiburan. Haram hukumnya  bagi media online menyebarkan fitnah, agitasi, dan informasi menyesatkan lainnya.

Khusus untuk Anda peserta kuliah manajemen bidang media, silakan Anda kunjungi dan buka media online berikut ini:

1. Detik.com
2. Kompas.com
3. Mediaindonesia.com
4. Metrotvnews.com
5. Vivanews.com
6. Antaranews.com
7. Tribunnews.com

Silakan Anda diskusikan bersama anggota kelompok Anda. Silakan Anda analisis dan diskusikan, dari ketujuh media online tersebut,  mana yang paling cepat menyampaikan informasi, mana yang paling tepat dan akurat data serta informasinya? Mana yang bahasanya paling baik dan benar? Media online mana yang paling banyak dikunjungi pembaca? Mana yang informasinya paling lengkap? Mana yang paling menguntungkan (iklannya terbanyak?)[]

Leave A Reply

Your email address will not be published.