Catatan Gantyo

WRITENOW| RENCANAKAN| KEUANGAN| KELUARGA ANDA

0 3


Writenow (Minggu 10 Agustus 2008): Rencanakan keuangan keluarga Anda seberapa pun penghasilan Anda jika Anda merindukan kehidupan yang baik dan putra-putri Anda dapat melangsungkan pendidikan hingga sarjana (S-1), bahkan S-2. Pelajaran menarik dari tayangan Kick Andy, Metro TV, Kamis (7 Agustus 2008).

Kick Andy, Kamis 7 Agustus 2008 lalu menayangkan episode yang sangat menarik. Dalam episode hari itu dan disiarkan ulang Minggu 10 Agustus 2008, Andy Noya mewawancarai beberapa orangtua yang berhasil menyekolahkan anak-anaknya hingga S-1 dan S-2. Padahal pekerjaan mereka ‘hanya’ pemulung, tukang bakso, dan penjual jamu keliling.

Kunci sukses dari para orangtua itu adalah menabung, padahal penghasilan mereka per hari rata-rata cuma Rp 50.000 – Rp 75.000. Mari kita berkaca kepada diri sendiri, berapa banyak di antara kita yang kalau ditanya sudah menabung belum, jawaban yang kita berikan adalah: “Belum. Bagaimana mau menabung, sebab gaji sudah habis untuk kebutuhan sehari-hari.”

Itulah risiko jika dana menabung menggunakan sisa dari penghasilan kita. Sampai kapan pun tidak akan cukup dan kita tidak akan pernah nyaman dan aman menyangkut keuangan keluarga kita.

Tung Desem Waringin, motivator dan penulis buku ‘Financial Revolution’ secara ekstrem mengatakan, jika kita menginginkan kebebasan finansial, sisihkan penghasilan (di muka), masing-masing 10% untuk:

  1. Tabungan hari tua (tidak boleh diutak-atik).
  2. Pendidikan.
  3. Cadangan/investasi yang tumbuh.
  4. Sosial
  5. Kesenangan.

Bagi Anda yang mengaku tidak bisa menyisihkan dana untuk menabung, sebaiknya Anda ikut program asuransi yang selain bisa dimanfaatkan untuk menabung, juga bisa digunakan untuk jaminan hari tua, pendidikan dan investasi yang tumbuh. Itu berarti dengan berasuransi, Anda sekaligus bisa menjalankan butir 1, 2 dan 3 sebagaimana disarankan Tung Desem Waringin di atas.

Bukan cuma itu, dana asuransi milik kita juga bisa digunakan untuk usaha, kesehatan, dan manfaat positif lainnya. Lain soal kalau Anda ingin keuangan keluarga Anda tidak mau berubah dari kemarin, hari ini dan selamanya.

Sekarang ini banyak perusahaan asuransi yang menyediakan program perencanaan keuangan seperti yang disarankan Tung Desem Waringin. Perusahaan asuransi itu apa saja? Seperti apa pelayanannya?

Saya punya banyak kawan (perencana keuangan) yang siap membantu perencanaan keuangan keluarga Anda. Jika Anda berminat, silakan hubungi dan tulis e-mail ke saya: gantyo@gmail.com. Jika Anda mau mengatur keuangan Anda dengan memanfaatkan internet sebagaimana disarankan Tung Desem Waringin untuk mendapatkan pasif income, ya silakan.

Ingat, sesal kemudian tiada berguna!***

Gantyo Koespradono

Leave A Reply

Your email address will not be published.