Catatan Gantyo

WRITENOW| BAGAIMANA MENULIS| UNTUK PENDAPATAN| TAMBAHAN

0 39

WRITENOW (Jumat 15 Agustus 2008): Seorang teman belum lama ini bertanya kepada saya bagaimana menulis untuk pendapatan tambahan. Dia bertanya kepada saya seperti itu, sebab berdasarkan sepengetahuannya, banyak orang yang selama ini ingin mahir menulis, tapi tidak tahu bagaimana cara menulis, apalagi menulis untuk pendapatan tambahan.

Selama ini saya menulis di blog ini, Writenow, semata-mata untuk tujuan sosial (bagi-bagi berkat berupa pengalaman) kepada orang lain tanpa berpikir bahwa lewat blog ini, saya bisa menghasilkan pendapatan tambahan. Penghasilan yang saya peroleh selama ini hanya dari gaji. Padahal saya sangat sadar bahwa gaji — seberapa pun gaji yang kita terima — tetap tidak sehat jika diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Idealnya, sebagaimana banyak disarankan oleh para perencana keuangan, kita baru bisa dikatakan memiliki kebebasan finansial jika kita telah memiliki pasif income. Banyak cara untuk mendapatkan pasif income. Jika kita gemar menulis, menulis buku adalah salah satu cara kita mendapatkan pasif income dari royalti. Karena itu bagi Anda yang bertanya bagaimana menulis untuk pendapatan tambahan, menulislah buku.

Tidakkah ada cara lain? Tentu saja ada. Pengetahuan baru saya bahwa sebuah blog bisa memberikan pendapatan tambahan setelah saya banyak belajar dari anak-anak muda yang ahli di bidang SEO (Search Engine Optimization) belum lama ini. Jika pengetahuan tulis menulis dipadukan dengan pengetahuan tentang SEO, aktivitas menulis sangat mungkin akan menghasilan uang alias pendapatan tambahan. Apalagi jika si penulis mempunyai aktivitas bisnis, baik di bidang jasa, maupun barang, lalu punya website sendiri untuk memasarkan usahanya.

Menulis di blog untuk kepentingan bisnis online kini menjadi sebuah kebutuhan jika kita ingin sukses sebagai penulis dan darinya kita bisa menghasilkan pendapatan tambahan atau pendapatan sampingan.

Rajin menulis di internet merupakan salah satu cara ampuh untuk meraih pendapatan tambahan yang berdampak positif, karena dari aktivitas ini kita dikenal banyak orang, apalagi jika menulis buku. Sekadar informasi, nama saya pun (Gantyo Koespradono) sudah dimanfaatkan orang yang belum saya kenal untuk membook domain di wordpress. Karena sudah dipesan duluan, apa boleh buat saya tidak bisa berbuat apa-apa, nggak bisa pakai nama sendiri untuk pesan domain di wordpress. Ini sama kasusnya dengan yang dialami Tung Desem Waringin atau penyanyi Bunga Citra Lestari. Nama kedua orang ini sudah dipakai oleh orang lain untuk memesan domain.

Tapi jika Anda belum mahir menulis, jangan khawatir, Anda masih tetap bisa mendapatkan penghasilan sampingan dari internet dengan ikut afiliasi internet marketing. Namun untuk ini, Anda sebaiknya hati-hati, jangan asal sembarang ikut. Pilihlah afiliasi yang sudah dikenal publik dan kredibilitasnya diakui olah para marketer internet dunia, seperti halnya Fabian Lim, marketer internet andal asal Singapura yang menjalin kerjasama dengan motivator Tung Desem Waringin.

Dengan aktif berafiliasi melakukan internet marketing kepadanya, bukan tidak mungkin, Anda akan mendapatkan ilmu internet sekaligus ilmu marketing di dunia maya. Semoga tulisan ini dapat menjawab pertanyaan dari banyak orang “bagaimana menulis untuk pendapatan tambahan.” ***

Gantyo Koespradono

Leave A Reply

Your email address will not be published.