Catatan Gantyo

Tugas UAS Mahasiswa IISIP Jakarta

0 1
HALO para mahasiswa IISIP Jakarta peserta matakuliah manajemen media massa (MMM) dan kuliah kerja lapangan (KKL) cetak. Selamat datang di blog saya, dan silakan membaca tugas untuk Anda dalam rangka ujian akhir semester (UAS) 2013. 

Khusus untuk UAS semester ganjil ini, Anda tidak perlu mengikuti ujian di dalam kelas. Enak, bukan? Dengan begitu, Anda tidak perlu “membenci” petugas yang mengawasi Anda saat ujian.

Saya mengucapkan terimakasih kepada Anda yang telah membaca dan menonton video newsletter saya yang telah saya kirimkan kepada Anda melalui email. Sekali lagi, saya membuat video newsletter tersebut sebagai wujud bahwa kita sekarang ini hidup di era teknologi informasi komunikasi.

Melalui software/program yang saya pakai, nantinya dosen juga bisa memberikan kuliah secara online dengan program live broadcast, dan Anda bisa mengikutinya melalui smart-phone Anda.

Manajemen Media Massa

Sebagaimana dosen telah jelaskan berkali-kali di kelas bahwa pada ujian akhir semester (UAS) 2013 ini, Anda hanya diminta mengumpulkan tugas (disertai SIMU) yang terdiri dari:
Pertama: Uraian singkat (resume) tentang kemampuan apa yang Saudara miliki di bidang komunikasi, terutama media massa, dan kemampuan tersebut akan Saudara apakan kelak jika Saudara telah atau akan membangun karier di dunia media massa?
Benar, untuk tugas di atas, Anda harus menjelaskannya secara tertulis. Ya, tertulis. Ketiklah resume tentang kemampuan Anda serapi mungkin dan logis, sehingga dosen mengetahui dengan benar, siapa sesungguhnya Anda dan kemampuan apa yang Anda miliki di dunia komunikasi, khususnya media massa. Jelaskan pula mengapa Anda tertarik dan menguasai bidang yang Anda kuasai itu? Jelaskan pula karier apa yang akan Anda bangun di media massa kelak jika Anda sudah menyelesaikan studi di IISIP? Tentunya kaitkan dengan kemampuan yang Anda miliki.
Kedua: Tunjukkan  kemampuan yang Anda miliki di atas disertai bukti. Misal, jika Anda mahir di dunia fotografi, kumpulkan hasil karya foto jurnalistik Anda minimal 3 foto (dalam bentuk cetakan dan CD). Jika Anda mahir menjadi reporter televisi, kumpulkan rekaman gambar berupa video yang menunjukkan Anda sedang melaporkan peristiwa. Jika Anda berbakat menjadi pemimpin (redaktur, manajer, pemimpin redaksi, dll), silakan Anda membuat proposal perencanaan media atau rencana liputan. Jika Anda ahli atau berbakat menjadi seorang juru kamera, silakan kumpulkan VCD/DVD yang berisi hasil karya Anda.
Jika Anda terampil menulis berita atau feature, silakan lampirkan kliping tulisan/berita Anda yang telah dimuat media massa. Jika Anda belum punya bukti, silakan tulis karya jurnalistik tentang salah seorang anggota keluarga Anda (silakan pilih: ayah, ibu, nenek, kakek, kakak, adik atau paman/tante).
Jika ada di antara Anda yang pernah menulis di media massa cetak, di samping tetap harus mengumpulkan kliping bukti tulisan, Anda juga tetap harus menulis karya jurnalistik tentang profil anggota keluarga Anda. Hitung-hitung ini poin tambahan nilai buat Anda. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini. Yakinkanlah dosen bahwa Anda adalah mahasiswa profesional.
Perlu Anda ketahui (dan harap dicamkan dengan baik), bukti yang Anda kumpulkan pada saat UAS harus asli karya Anda dan baru. Jika dosen meragukan karya Anda, maka dosen akan menunda menilai hasil tugas Anda dan akan mewawancarai Saudara.
Silakan kumpulkan bukti-bukti tersebut pada saat UAS paling lambat 30 menit setelah jadwal UAS dimulai. Lewat 30 menit, Panitia Ujian akan menolak hasil tugas Anda dan Anda dianggap tidak mengikuti UAS alias tidak lulus. Oleh sebab itu jangan permainkan waktu.
Kumpulkan resume naskah tentang kemampuan Anda dan CD/DVD atau karya foto Anda dalam berkas yang rapi, jangan sampai lepas. Cobalah Anda belajar yang rapi dan profesional dari hal-hal sepele seperti ini.
Anda mungkin bertanya, “bagaimana jika saya punya kemampuan desain grafis atau penyiar radio?” Ya, silakan kumpulkan bukti karya desain grafis Anda. Jika Anda mahir menjadi penyiar radio, silakan kumpulkan CD yang berisi suara Anda saat Anda sedang siaran atau seolah-olah sedang siaran. Begitu juga jika ada di antara Anda yang mahir menjadi penyiar berita televisi, tunjukkan buktinya. Sekali lagi, buktikan!
KKL-Cetak
Khusus untuk mahasiswa peserta matakuliah KKL Cetak, sebagaimana dosen telah jelaskan berkali-kali bahwa pada UAS 2013 ini, Anda hanya diminta mengumpulkan tugas (disertai SIMU) yang terdiri dari:
Pertama: Laporan hasil tugas mingguan yang telah diberikan dosen, baik yang telah disetujui (di-ACC) dosen atau belum. Lampirkan pula catatan koreksian dari dosen. Susun yang rapi dan mudah dipahami tidak saja oleh dosen, tapi juga oleh siapa pun yang membaca laporan Anda.
Kedua: Laporan kuliah kerja lapangan (KKL) selama Saudara praktik bekerja di media massa. Di dalam laporan ini, tentu harus Anda beri pengantar dan penjelasan atau sejarah singkat media tempat di mana Anda praktik. Apa yang Anda lakukan selama Anda praktik? Tugas-tugas apa-apa saja yang diberikan kepada Anda dan seperti apa hasilnya? Laporkan itu semua dalam laporan KKL.
Akhirnya saya ucapkan selamat bertugas dan jadilah profesional mulai saat ini. Jangan tunda sampai esok hari.[]

Leave A Reply

Your email address will not be published.